Wednesday, March 11, 2009

AYAT KURSI

Bacaan sesuai lafal dari huruf arab ke huruf latin :

ALLOHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QOYYUM. LAA TA'KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDH. MAN DZAL LADZII YASFA'U 'INDAHUU ILLAA BI IDZNIH. YA'LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHOLFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN (dengung) 'ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI'A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDH. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL 'ALIYYUL AZHIIIM.

Artinya :

Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS : Al-Baqarah : 255)

Memasukkan tulisan arabnya kok susah ya?
Minggu kemarin Haqi dapat tugas dari guru Islamic-nya untuk menghafal QS Al Baqarah ayat 255 atau yang lebih sering disebut dengan Ayat Kursi.
Karena ayatnya lumayan panjang untuk ukuran anak kelas 2 SD, maka menghafalnya dibagi 2. Jadi separo dulu, terus bagian keduanya minggu depannya lagi. Syukur kalau langsung semua bisa hafal.

Namanya anak-anak ya, setelah bisa terus ngajarin temannya yang belum bisa.
Terus bilang, aku besok mau bilang ibu guru kalau sudah bisa. Dan juga kebiasaan disini untuk anak-anak yang kelas tiga kebawah, gurunya suka memberi permen atau coklat kalau si anak bisa menjawab/menghafal. Atau kalau nilainya bagus.
Sebenarnya bagus tidak sih dengan cara seperti itu?

Anak sih sudah dikasih tahu, walaupun nanti tidak diberi hadiah sweet/candy ataupun coklat tapi tetap harus mengerjakan tugas-tugas dari gurunya. Jadi mengerjakan tugas bukan kerena biar dapat sweet/candy. Tapi merupakan kewajiban sebagai murid.

Ibu gurunya juga menganjurkan agar membaca ayat kursi sebelum tidur. Sekarang sudah mulai dipraktekkan, selain juga surat-surat pendek dan doa mau tidur.
Semoga kedepannya akan semakin baik lagi dan bukan sekedar menghafalkan. Amiinnn.

6 comments:

  1. amiin...ikut mangaminkan doanya Mamanya Haqi...:)

    ReplyDelete
  2. Amin..Smoga anak-anaknya menjadi anak yang shaleh/shalehah mba..

    ReplyDelete
  3. tapi kenapa ya mahluk halus takut sama ayat kursi? uhm..

    ReplyDelete
  4. Met malem,
    Aku selalu mempraktekkan baca doa Ayat Kursi sebelum tidur dan dimana saja aku ingat. Apalagi lagi hamil besar spti skrg..

    Wah, ntar anakku juga mau dididik spti anaknya, mbak.. makasih advice-nya yah :)

    ReplyDelete
  5. Setuju Bunda. Sebaiknya anak-anak mulai menghafal Al Qur'an sejak masih cabe rawit atau Pra TK. Belajar di waktu kecil bagai melukis di atas batu, bekasnya tak kan hilang sampai kiamat. Sukur-sukur sebelum SD sudah bisa baca Al Qur'an. Semoga Putra Haqi menjadi anak yang sholih, taat beragama, dan berbakti pada kedua orang tua. Amin

    ReplyDelete
  6. اَلْحَمْدُ اللَّهِ رَبِّلْعَلَمِنْ

    ReplyDelete