Monday, January 19, 2009

PRODUK INDONESIA

Yes...disini sudah banyak sekali, produk-produk dari Indonesia. Baik yang di jual di swalayan sini ataupun toko-toko kecil yang jual. Bahkan ada beberapa toko yang pemiliknya orang Indonesia.

Kalau yang dijual di swalayan disini biasanya barang-barang seperti kecap, saos, Mie. Masih kalah bila dibandingkan dengan produk dari Thailand dan Filipina. Produk dari Thailand banyak sekali, dan biasanya produk hasil perkebunan yang dikemas dalam kemasan kaleng. Padahal di negara kita juga banyak lho hasil perkebunan seperti itu. Cuma kenapa ya tidak diekspor?? atau cuma tidak masuk kesini?

Misalnya saja nangka muda (gori), kecambah, jagung muda (putren), bunga pisang, asparagus, rebung, telor puyuh, kolang-kaling, nata de coco, nangka matang, buah-buahan dsb. Semua itu dalam kemasan kaleng!! Padahal kan semua itu kita punya??

Awal-awal disini pusing juga membayangkan masak atau makan yang dari kemasan kaleng begitu. Tapi lama-lama mikirnya lha adanya cuma itu ya mau bagaimana lagi?
Yang segar malah tidak selengkap yang sudah dikemas, lagian harganya jauh lebih mahal yang segar tentu saja.

Makanya untuk buah-buahan yang harganya mahal, biasanya dijual sudah di pack. Ukuran kurang lebih 1/2 kg, jadi kita tidak bisa nyicipin. hiks....(kebiasaan nyicipin di rumah tidak tersalurkan disini. heheh...).
Contohnya buah manggis, rambutan, duku, klengkeng. Jambu air juga mahal disini. hiks...Pernah beli saking kepinginnya, ambil 4 buah, kalau di kurs 1 biji jambu air harganya Rp 7.500,00. Kalau di rumah sudah dapat sekarung ye...

Kembali ke topik awal. Siapa yang tidak mengenal produk ini?



Ini hanya kebetulan yang ada di rumah. Sebenarnya masih banyak lagi, seperti aneka teh celup, SKM (susu kental manis), syrup, bumbu instan, tepung, gula, kosmetik, krupuk mentah dan mateng, aneka cemilan. Wuih pokoknya tidak habis disebut satu-satu. Ntar dikira buka grocery lagi....
Untuk toko yang pemiliknya orang Indonesia, biasanya yang nunggu juga orang kita. Jadi disini bukannya tambah pinter bahasa Inggris atau arab, malah pinter bahasa Indonesia. heheh...Lha gaulnya sesama orang kita. gimana nih?

Malah kadang penjaga toko yang tahu kalau kita orang Indonesia mereka malah menyapa pakai bahasa Indonesia. Hebat yah...Seperti di Saudi sana, banyak yang pinter berbahasa Indonesia lho orang-orang sana....

No comments:

Post a Comment